Tentang Kita

Tentang Kita

Bahwa persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara kesatuan yang adil dan makmur, meriil, dan spiritual serta beradab merupakan adicita bangsa Indonesia yang mulai bangkit dan siaga sejak berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Adicita itu pulalah yang merupakan doronga para pemuda Indonesia melakukan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Dalam upaya menggalang persatuan untuk merebut kemerdekaan dan dengan jiwa dan semangat Sumpah Pemuda, rakyat Indonesia berjuang untuk kemerdekaan nusa dan bangsa Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan ini merupakan berkat dan rahmat Tuhan Ynag Maha Esa.

Bahwa penempuhan rimba, gunung dan konservasi lingkungan yang lahir dan mengakar di bumi nusantara merupakan bagian terpadu dari gerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia yang membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karenanya, gerakan penempuhan rimba, gunung dan konservasi lingkungan mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan. Jiwa kesatria yang patriotic telah mengantarkan para rimbawan ke medan juang, bahu membahu dengan para pemuda untuk mewujudkan adicita bangsa Indonesia dalam menegakkan dan memandegani Negara Kesatuan Republik Indonesia selama-lamanya.

Bahawa kaum muda sebagai potensi bangsa dalam menjaga kelangsungan bangsa dan Negara mempunyai kewajiban melanjutkan perjuangan bersama-sama orang dewasa berdasarkan kemitraan yang bertanggung jawab.

Bahwa PAWANG RINJANI sebagai kelanjutan dan pembaruan gerakan penempuhan rimba, gunung dan konservasi lingkungan nasional, dibentuk berdasarkan Akta Pendirian Lembaga Nomor: 100 yang telah dicatat dalam daftar yang dipergunakan untuk itu dan disimpan di Kementrian Pengadilan Negeri Klas 1A Mataram, dibawah Nomor: W25.U1/24/HK.03/1/2016 bertnaggung jawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditopang oleh empat pilar wawasan kebangsaan, yaitu:

  1. Ideologi Pancasila
  2. Undang – Undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. Negara KEsatuan Republik Indonesia

Dengan asas Pancasila, PAWANG RINJANI menyelenggarakan pendidikan bagi kaum muda sebagai kederisasi kepemimpinan masa depan bangsa dan Negara.

NAMA DAN KEDUDUKAN

Organisasi ini bernama PAWANG RINJANI dan bertempat kedudukan di wilayah hukum Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bilamana dipandang perlu dapat membuka cabang-cabang atau perwakilan-perwakilan ditempat lain.

WAKTU

PAWANG RINJANI didirikan sejak hari dan tanggal ditandatanganinya Akta Pendirian, yaitu pada tanggal 28 Oktober 2015 dan didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan lamanya.

AZAS DAN DASAR

PAWANG RINJANI berazaskan falsafah Negara Republik Indonesia, yaitu Pancasila. Dasar berdirinya PAWANG RINJANI adalah sebagai berikut:

  1. UUD 1954;
  2. Pancasila;
  3. Undang- -undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah;
  4. Undang – undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan;
  5. Pasal 1663 – 1664 Kitab Undang – undang Hukum Perdata (KUHPerdata);
  6. Akta Pendirian Lembaga Pawang Rinjani.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan PAWANG RINAJANI adalah:

  1. Pelestarian LIngkungan.
  2. Sebagai media pemberitaan daerah dan nasional.
  3. Sebagai media edukasi, sosialisasi melalui pemberitaan.
  4. Sebagai media promosi.
  5. Kajian-kajian sosial.
  6. Penelitian sosial.
  7. Pengembangan kemasyarakatan.
  8. Terselenggaranya suatu tujuan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan dan keterampilan.
  9. Melakukan pengembangan dan pembinaan usaha kecil yang mandiri dalam arti kata yang seluas-luasnya menuju kearah peningkatan Sumber Daya Manusia dan peningkatan taraf hidup masyarakat yang memadai, sejahtera, serta adil dan makmur.
  10. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, keahlian dan keterampilan agar dapat bekerja dengan baik secara mandiri, wiraswasta, berkompetisi dan professional.
  11. Ikut serta memberikan informasi yang benar kepada masyarakat melalui media informasi dan lain-lain.
  12. PAWANG RINJANI menggagas, mengusahakan, mengkoordinasikan dan membina kegiatan penempuhan rimba, gunung dan konservasi lingkungan guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik sehingga menjadi warga Negara Kasatuan Republik Indonesia yang baik, berguna, dan memiliki kepedulian terhadap sesama manusia serta alam lingkungan, baik nasional, regional maupun internasional.

SIFAT

  1. PAWANG RINJANI adalah badan/wadah/himpunan penempuh rimba, gunung dan konservasi lingkungan d seluruh wilayah hokum Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. PAWANG RINJANI adalah organisasi yang keanggotaannya bersifat sukarela, tidak membedakan suku, ras, golongan atau agama.
  3. PAWANG RINJANI adalah organisasi nirlaba, bukan organisasi kekuatan sosial politik, bukan bagian dari salah satu organisasi kekuatan politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis.

RUANG LINGKUP

Ruang lingkup kegiatan PAWANG RINJANI meliputi:

  1. Pendidikan kegiatan di alam terbuka.
  2. Pendidikan konservasi.
  3. Pendidikan lingkungan.
  4. Penempuhan rimba, gunung dan konservasi lingkungan.

FUNGSI

PAWANG RINJANI berfungsi sebagai inisiator, regulator, coordinator dan dinamisator setiap bentuk kegiatan penempuhan rimba, gunung dan konservasi lingkungan di seluruh wilayah Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

HUBUNGAN KERJA SAMA

PAWANG RINJANI mengadakan hubungan dengan organisasi-organisasi pemerhati lingkungan dan/ atau organisasi lain tingkat regional, nasional, maupun internasional.. PAWANG RINJANI juga mengembangkan hubungan kerjasama dengan instansi lain yang terkait.

KEWAJIBAN DAN USAHA

PAWANG RINJANI berkewajiban dan berupaya dengan:

  1. Segala dan kegiatan PAWANG RINJANI diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Usaha untuk mencapai tujuan ini diarahkan pada pembinaan mental, jasmani serta peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, keterampilan dan kecakapan melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan disesuaikan dengan keadaan dan perkembangan masyarakat Kabupaten Lombok Utara dan bangsa Indonesia. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut diatas, PAWANG RINJANI menjalankan usaha-usaha dan kegiatan sebagai berikut :
    • Media masa pemberitaan.
    • Pengembangan ekonomi kreatif.
    • Pengembangan dan pengolahan usaha kecil.
    • Pelstarian budaya daerah.
    • Gerakan sejuta pohon dan pelestarian lingkungan.
    • Pengolahan penanganan sampah.
    • Promosi pariwisata daerah.
    • Penetian ilmiah.
    • Pemasaran hasil usaha.
    • Penyuluhan dan sosialisasi.
    • Sanggar seni dan budaya.
    • Event organizer (EO).
    • Ekonomi dan sosial.
    • Mengadakan kerjasama yang baik dan menguntungkan dengan semua pihak, baik pemerintah maupun swasta.
    • Melakukan usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan organisasi, serrta ketentuan peraturan-peraturan dan hokum yang berlaku.
    • Melaksanakan kegiatan yang bersifat Nasional maupun Internasional untuk membina persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian dunia.
    • Untuk menunjang usaha dalam mencapai tujuan, diadakan prasarana dan sarana yang memadai berupa organisasi, personalia, perlengkapan, dana, kominikasi, dan kerjasama.
  3.  Melaksanakan kegiatan yang bersifat Nasional maupun Internasional untuk membina persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian dunia.
  4. Untuk menunjang usaha dalam mencapai tujuan, diadakan prasarana dan sarana yang memadai berupa organisasi, personalia, perlengkapan, dana, kominikasi, dan kerjasama.

GARIS KOORDINASI PAWANG RINJANI

garis koordinasi pawang rinjani

SUSUNAN PERSONALIA

PENGURUS PAWANG RINJANI

 

Ketua DEDI PRAMUHADI
Sekretaris : FAHMY APRIYANTO
Keuangan : ARSADI, S.Sos
BIDANG – BIDANG :
Bidang Humas dan Hukum : ALFAN HADI, SH
Bidang Media, Promosi dan Dokumentasi : SAYID ABDULLAH ALKAFF

SUTRISNO

Bidang Sarana dan Prasarana : MULYADI

SAEFUL RAHMAN

Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) :  ITRATIP, MT
 *       Seksi Gunung Hutan :   IRSAN ALI AFANDI
 *       Seksi Sungai (DAS) :   WILDANI
 *       Seksi Maritim :   EDI CAHYO NUGROHO
 *       Seksi Pemukiman :   ZULHADI
Bidang Pendidikan dan Latihan : DATU BAYU WAHYUNINGRAT
Bidang Pengabdian Masyarakat : SAEFUL WATAN

ASTITI JUWITA

Bidang Pengelolah Usaha Dana : JUAN CARLOS HATTA MARUDI, MM

AHMAD SUHAELI

Pengarah Kegiatan : JUMADIL EFENDI

PETA PAWANG RINJANI

PETA PAWANG RINJANI 2