Penanaman Marwah Daulat Pohon Pawang Rinjani

  • Beranda
  • Penanaman Marwah Daulat Pohon Pawang Rinjani
06
November 12, 2016 Category: Argumentasi, Artikel, Daulat Pohon, Ruang Warga

Lombok Utara – Penanaman Marwah Daulat Pohon atau aksi menanam Pohon dengan tema, Persembahan Hati Untuk Bumi, dilakukan oleh Perhimpunan Penempuh Rimba Gunung dan Konservasi Lingkungan Pawang Rinjani pada Ahad (23/10) di Teluk Sedayu Dusun Lekok Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (KLU).  Aksi ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap alam dan lingkungan khususnya yang ada di KLU.

Kedatangan Wakil Ketua DPD RI Prof Farouk Muhammad, disambut hangat oleh Anggota Pembina Pawang Rinjani dan Pramuka MA Sunan Kali Jaga Tanjung.
Wakil Ketua DPD RI Prof Farouk Muhammad (tengah), disambut hangat oleh Anggota Pembina Pawang Rinjani dan Pramuka MA Sunan Kali Jaga Tanjung.

Persembahan yang dihadiri langsung oleh beberapa tokoh dari pusat, antara lain Wakil Ketua DPD RI Prof. Farouk Muhammad, Anggota DPD RI Dapil NTB Drs. H. Lalu Suhaimi Ismi, dan Dirjen Perbenihan Hutan Kementerian LHK Ir. Mintarjo, M.Ma mendapat sambutan dari masyarakat Lombok Utara dan Nusa Tenggara Barat pada Umumnya. Ketua Dewan Pembina Pawang Rinjani H. Djohan Sjamsu, SH mengatakan bahwa sebagai masyarakat dan generasi muda komunitas Pawang Rinjani ingin terus menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan yang ada di KLU. Menurutnya aksi ini bukan hanya sampai pada saat menanam saja tapi akan terus dirawat dan dijaga sampai pohon tersebut hidup, tumbuh, dan berguna bagi masyarakat dan alam sekitarnya.

Dari kiri Drs. H. L. Suhaimi Ismy, Prof. Farouk Muhammad, H. Djohan Sjamsu, SH
Dari kiri Drs. H. L. Suhaimi Ismy, Prof. Farouk Muhammad, H. Djohan Sjamsu, SH

“Program Pawang Rinjani ini masih panjang, dalam 3 tahun ini kami menargetkan menanam 40.000 pohon dan akan kami sebar diseluruh wilayah Lombok Utara,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan saat ini dalam melakukan kegiatan Pawang Rinjani masih belum mendapat bantuan dari pihak pemerintah KLU tetapi kedepannya pihaknya akan berusaha untuk melakukan kerjasama dengan semua lembaga swasta yang ada di KLU termasuk juga dengan pihak Pemerintah Daerah.

“Alhamdulillah pada kegiatan ini kami juga dibantu oleh Bank NTB, semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat sadar akan manfaatnya pohon bagi lingkungan dan pemerintah daerah terus konsisten dan konsen didalam menjaga kelestarian alam,” ujarnya.

Antusiasme masyarakat KLU saat bersama Wakil Ketua DPD RI
Antusiasme masyarakat KLU saat bersama Wakil Ketua DPD RI

Dalam acara ini Dirjen Perbenihan Hutan Kementerian LHK Ir. Mintarjo,M.Ma sangat senang dengan adanya kegiatan semacam ini. Dirinya berharap kepada semua elemen masyarakat dan Pemerintah Daerah harus selalu mendukung hal hal positif seperti ini. “Pohon dengan populasinya akan menciptakan kehidupan yang baru dimasa yang akan datang,” Ungkapnya singkat.

Sementara itu Wakil Ketua DPD RI Prof Farouk Muhammad yang hadir dalam acara tersebut sangat menghargai dan mengapresiasi generasi muda Pawang Rinjani.  Dikatakan disaat kerusakan lingkungan mengancam, mereka tampil untuk melestarikannya walaupun tanpa bantuan Pemerintah Daerah. “Pemerintah Daerah harusnya malu pada anak anak muda yang punya inisiatif luar biasa ini dan ini harus menjadi contoh bagi Pemerintah Daerah. Kegiatan seperti ini harusnya menjadi Gerakan Massal bagi masyarakat Lombok Utara” katanya.

Penanaman di sepanjang pesisir pantai wisata teluk sedayu, Lekok - Gondang
Penanaman di sepanjang pesisir pantai wisata teluk sedayu, Lekok – Gondang

Dalam kegiatan ini para tamu undangan beserta tokoh yang hadir secara langsung melakukan penanaman bibit pohon Flamboyan disepanjang pesisir pantai wisata Teluk Sedayu, Lekok, Gondang dan sepanjang jalan Raya Lekok, Desa Gondang Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. “Semoga pohon yang kami tanam kelak bermanfaat bagi semua makhluk”. Ungkap Bebin, salah satu peserta penanaman marwah daulat pohon Pawang Rinjani.

Cak*